Posted by: dora_emon | December 4, 2009

Bahaya selalu menuruti nafsu

Nafsu pada diri manusia bagaikan anak kecil yang menetek ibunya. Perumpamaan ini pas karena sifat nafsu dan anak kecil sama-sama ingin menetek terus sampai kapanpu, anak kecil cenderung ingin dituruti semua permintaannya. dituruti yang satu ganti ngin minta yang lain. Begitu jug halnya denga nafsu pada manusia jika tidak direm dan dikekang niscaya sampai manusia matipun si nafsu cenderung menuntut hal-hal yang enak. Jika sudah dturuti niscaya akan minta lagi dan cenderung minta kenikmatan yang lain.

Oleh sebab itu kita tidak boleh terus menerus mengikuti bujukan nafsu kita karena sesungguhna kecnderungan nafsu adalah mengajak kepada yang nikmat meski buruk akibatnya. Dalam alquran di sebutkan ahwa sesungguhya nafsu itu cenderung akan mengajak kepada kemungkarana (silahkan cek di surat al-Baqarah)

Bagaimana sikap kita terhadap nafsu ini?bukan menghilangkan karena itu berarti menghilangkan kodrat Tuhan tetapi kita mesti mengendalikannya agar dia tidak membawa kita kepada jurang kehancuran. Ibarat supir kita mesti punya rem. Bagi orang Islam rem kita adalah iman kita dan iman sangat erat hubungannya dengan sejauhmana kita mengamalkan semua yag diperitahakan Allah kepada kita dan menjauhi semua yang dilarangNya. Itu bisa kita ketahui jika kita membaca Firman-firmanNya baik yang tersirat maupun yang tersurat. Yang tersirat adalah adalah semua ciptaan Allah yang eliputi seluruh isi alam semesta adalah merupakan bagian dari firman Allah smentara yang tersurat adalah alqurannulkarim dan seluruh penjelasannya yang dbawa oleh rasulNya nabi Muamad SAW.

Alhasil jika kita ingin selamat dari bujuk rayu nafsu kita yang sering ditunggangi oleh setan kita harus selalu membaca mengemati, menelaah dan mengamalkan firman-firmanNya. Wallahua’lam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: