Posted by: dora_emon | December 30, 2009

Kalau Pemain Sepak Bola Kembar…

Sabtu, 26-Desember-2009; 01:20:47 WIB

Oleh : Team Andriewongso.com

Save page as PDF

Beginilah akibatnya kalau sepasang kembar identik berada di klub yang sama, juga bermain di pertandingan yang sama. Orang-orang bisa kesulitan membedakan. Tak terkecuali, wasit yang tidak cermat dan teliti!

Sebuah kejadian menarik terjadi pada pertandingan Piala Carling di Manchester, Inggris, beberapa waktu yang lalu. Saat itu, Manchester United bertanding melawan Burnsley. Dalam laga yang dipimpin oleh wasit Chris Foy tersebut, United menurunkan sepasang kembar identik asal Brasil: Rafael dan Fabio Pereira da Silva (19 tahun).

Fabio dan Rafael

Pertandingan berlangsung keras. Kemudian, pada menit ke-83, wasit Coy terlihat mengacungkan kartu kuning kepada Fabio. Singkat kata, ia menganggap tekel Fabio kepada gelandang Barnsley, Jamal Campbell-Ryce, cukup berbahaya dan patut mendapat peringatan. Fabio segera memprotes keputusan Coy. Ia tidak merasa melakukan pelanggaran apa pun! Namun, keputusan wasit tidak bisa diubah.

Nah, setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata yang melakukan pelanggaran tersebut adalah Rafael-yang juga ikut berjibaku “mengamankan” bola dari kaki Jamal.

Atas kejadian ini, pihak United segera mengontak asosiasi sepak bola Inggris, FA. “Kami tidak menyangkal bahwa pelanggaran itu memang pantas diganjar oleh kartu kuning,” demikian komunikasi antara United-FA secara garis besar, seperti diungkapkan juru bicara United kepada pers. “Namun kami ingin meluruskan fakta, bahwa yang melakukan pelanggaran tersebut adalah Rafael. Wasit telah melakukan kesalahan pada malam itu, dan tentu saja kami ingin agar hal itu dikoreksi.”

FA bertindak sigap. Mereka segera memanggil perwakilan dari United serta mengundang wasit Chris Coy untuk mendengarkan penjelasannya pada hari yang telah ditentukan. Pers memberitakan, United memenangkan “sidang” ini. FA telah “memindahkan” hukuman kartu kuning, dari Fabio ke Rafael.

**

Teman-teman, jika dilihat sepintas, Fabio dan Rafael memang mirip sekali. Wajah mereka bak pinang dibelah dua. Selain itu, rambut mereka sama-sama ikal dan keduanya juga sama-sama bermain sebagai bek.

Rafael dan Fabio

Namun “si kembar” tetap bisa dibedakan. Fabio, yang bermain sebagai bek kiri, memakai nomor punggung 20. Sementara saudara kembarnya bernomor punggung 21 dan bermain di sektor kanan. Dalam keseharian, teman-teman dan manajer mereka biasa membedakan keduanya dengan mengingat-ingat bahwa hanya Fabio yang mengenakan cincin kawin di jari manisnya.

Anda sendiri, bisakah menyebutkan…mana Rafael dan mana Fabio?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: